Jumat, 27 Juni 2014

ARTI LAMBANG





Arti Lambang
Pada garis besarnya, Ganeca melambangkan sifat-sifat dasar yang khas :
1. Cendekia
Sifat khas Cendikia
Sifat dasar cendikia disini berarti menunjukkan sifat arif dalam pandangan dan pertimbangan serta sifat bijaksana dalam sikap dan langkah perbuatan hidupnya. Sifat cendikia pula bertekad memerangi kebodohan dan sikap menerangi ketidaktahuan bangsanya.

2. Puruhita
Sifat khas Puruhita
Mencerminkan jiwa yang selalu lapar harus berguru keilmuan, kearifan dan ketrampilan sekaligus harus mengabdi untuk mengemban nilai-nilai kebenaran dan keadilan hidup. Berbahagialah Bangsa Indonesia telah memiliki perbendaharaan nilai-nilai hidup tinggi yang sangat berbobot seperti tercantum dalam Dasar Negara Kita yaitu Pancasila.

3. Pelopor
Sifat Khas Pelopor
Disini jelas menunjukan sifat berani tampil di barisan depan melopori menjawab segala macam bentuk tantangan hidup dan kehidupan dari bangsa dan negaranya.

4. Religius
Sifat Khas Religius
Azas hidup rokhaniah bernaaskan keheningan-keheningan religius yaitu : Keteguhan iman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Keterangan analisa arti Tanda-tanda dan warna dari Lambang ganeca
1. Belalai menghirup isi mangkuk di tangan kiri depan, melambangkan hasrat keinginan yang tiada puasnya untuk meneguk, menyerap air kebijaksanaan, werdi kewajiban serta Ilmu Pengetahuan (long life education), baik untuk kematangan kedewasaan pribadinya maupun guna diamalkan kepada masyarakat dan bangsanya.

2. Taring Patah, dalam genggaman tangan kanan belakang melambangkan pena pengetahuan, kebajikan dan kebijaksanaan untuk didharma-baktikan kepada masyarakat dan bangsanya.

3. Senjata kapak di tangan kanan belakang melambangkan ketajaman tantangan, betapapun besar sulitnya sekaligus mengisyaratkan keberanian tekad menjadi pionir bangsanya, menyingkirkan rintangan-rintangan kemerdekaan dan isi kemerdekaan Ibu Pertiwi .

4. Tasbih (Aksamala) di tangan kiri belakang melambangkan Azas keimanan kepada Tuhan yang Maha Esa serta keheningan semedi dalam upaya kontak batin pribadi dengan Tuhan Yang maha Pencipta,

5. Warna kuning Emas yang melekat dan memancarkan pada seluruh tubuh Ganeca melambangkan sifat-sifat satria yang inheren dalam pengabdiannya.

6. Dasar gambar warna hitam melambangkan keabadian dan kemantapan.

7. Landasan tengkorak yang berjumlah 5 (lima) melambangkan tekad meskipun tahu sekalipun tantangannya berat, kita tetap setia, teguh dan gigih menjadi pejuang pengawal bangsa dan Negara RI yang berdasarkan hidup 5 (lima) sila yaitu Pancasila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar